Taylor Swift, siapa yang tidak
mengenal penyanyi muda yang sangat bertalenta ini. Bukan hanya sukses di dalam
karirnya saja, namun gadis ini juga memiliki kemampuan yang luar biasa di dalam
mengembangkan bisnis yang juga dijalankan olehnya, sehingga tak heran jika
sejumlah orang menjadikannya sebagai idola dan juga panutan mereka.
Muda dan memiliki sejumlah
talenta, tentu bukanlah sebuah pencapaian yang biasa-biasa saja. Taylor Swift
mampu mengumpulkan sejumlah pundi-pundi melalui keberhasilan dan juga karirnya
yang cemerlang. Anda tentu bertanya-tanya, apa saja yang dilakukannya untuk
bisa mencapai itu semua.
Berikut ini adalah sembilan
langkah yang dilakukan Taylor Swift dalam bisnisnya untuk bisa meraih semua
keberhasilannya:
1. Menjadi Pribadi dan
Karakter yang Ramah
Kesuksesan yang diraihnya,
tidak membuat gadis muda ini menjadi seseorang yang memiliki kepribadian yang
tidak menyenangkan, sebab dia justru memanfaatkan kesuksesan tersebut untuk
terus membumi dan semakin dikenal oleh semua orang. Taylor sangat menyadari
betapa pentingnya sebuah hubungan dan juga relasi, sehingga berbagai upaya akan
dilakukannya untuk tetap bisa mempertahankan hal tersebut. Hal senada juga
diungkapkan oleh Rachel Jimenes, seorang manajer operasional di logos Lifetime
Enterprise Present yang mengatakan bahwa, “Taylor Swift masih sangat muda,
cantik, kaya, musisi yang berbakat dan juga seorang pengusaha.
Namun di luar sana orang-orang
mengenalnya melalui lagu-lagunya yang bercerita tentang masa-masa sulit yang
telah dilaluinya, hal ini tentu menjadi perhatian dan penilaian positif
tersendiri bagi mereka. Di lain sisi, seorang Britney Spears juga muda, cantik
dan kaya, namun orang-orang justru tidak menyukainya karena dia selalu
memamerkan sejumlah keberhasilannya, di mana orang justru menginginkan
kegagalan dan juga kejatuhannya.”
Bersikaplah seperti Taylor dan
bukan Britney, di mana Anda memang harus menunjukkan sisi “kemanusiaan” Anda
ketika menjalankan sebuah bisnis.
2. Memahami Target Anda
Salah satu kesalahan fatal
dari sebuah bisnis yang besar adalah ketika pebisnis menempatkan diri mereka di
atas para pelanggannya. Seorang Taylor Swift tidak melakukan hal ini kepada
para penggemarnya, di mana dia justru berusaha untuk bisa memberikan sebuah
kontribusi yang positif kepada mereka. Hal ini mungkin bukan sebuah pekerjaan
yang mudah, namun Taylor Swift melakukannya dengan berbagai pendekatan efektif
yang akan selalu membuat audiensnya menjadi terhubung dengannya.
Taylor akan mencari tahu
berbagai hal yang disukai dan juga tidak disukai oleh audiensnya, bahkan dengan
cara mengandalkan yang dimiliki olehnya. Interaksi yang positif ini
kemudian akan membuat terjalinnya sebuah hubungan yang baik dan hangat,
sehingga audiens akan lebih mudah “dirangkul”. Jika kondisi tersebut telah
tercipta, maka langkah Anda dalam memasarkan bisnis kepada mereka tentu akan
menjadi lebih mudah, bukan?
3. Selalu Penuh Kejutan
Memiliki sejumlah pemikiran
yang tidak biasa adalah hal yang selalu dilakukan oleh Taylor Swift, termasuk
dalam memberikan sejumlah kejutan bagi para penggemarnya. Hal ini akan menjadi
sebuah momen yang indah untuk dikenang dan bahkan akan selalu dibicarakan oleh
banyak orang, itulah yang dilakukan oleh seorang Taylor Swift.
Beberapa waktu yang lalu dia
memberikan sejumlah hadiah liburan bagi penggemarnya, hal ini tentu menjadi
sebuah kejutan yang manis dan menyenangkan bagi mereka yang menerimanya.
Terlebih lagi setiap paket hadiah akan selalu dibuat berbeda antara satu dengan
yang lainnya, sehingga membuat penggemar tetap bertahan dan menunggu kejutan-kejutan
lainnya yang akan diberikan oleh seorang Taylor Swift kepada mereka.
Hal yang sama juga terjadi di
dalam dunia bisnis, di mana Anda tentu akan selalu dituntut untuk kreatif dan
memiliki sejumlah kemampuan dalam menciptakan kejutan di dalam bisnis yang Anda
jalankan. Berbagai kejutan bisa Anda selipkan di dalam produk Anda, sehingga
pelanggan merasa senang dan begitu bersemangat untuk tetap setia pada produk
yang Anda hasilkan tersebut.
4. Sesuai dengan Aslinya
Seorang Taylor Swift sangat
mengerti akan pentingnya menjaga kualitas dan juga kenyamanan dirinya sendiri
ketika berada di antara para penggemarnya. Penyanyi ini akan tetap menjadi
dirinya sendiri dan menunjukkan segala sesuatu di dalam dirinya dengan apa adanya,
di mana dia akan menyanyi bersama penggemarnya, menari sebagaimana yang dia mau
dan mampu, serta bergabung di antara para pengemarnya dengan nyaman dan
gembira. Itu merupakan sebuah nilai jual yang tidak dimiliki oleh semua artis
lainnya, di mana pada umumnya mereka akan selalu berusaha tampil sempurna dan
bahkan meski hal tersebut harus membuat mereka menjadi berbeda dari diri mereka
yang sebenarnya.
Hal serupa juga sangat penting
untuk Anda terapkan di dalam bisnis Anda, sehingga Anda menemukan sebuah jati
diri dan juga pengakuan orisinalitas atas produk yang Anda bisniskan secara
luas tersebut. Jangan melakukan berbagai hal yang tidak patut, seperti:
beriklan tanpa sebuah kejujuran, melakukan sebuah pemasaran yang tidak sesuai
dengan standar yang seharusnya dipenuhi. Berbagai tindakan seperti ini hanya
akan membuat bisnis Anda tutup buku dan berakhir dengan sempurna.
5. Menjadi Bintang Sosial
Media
Tak ada yang meragukan
kemampuan penyanyi yang satu ini dalam mengelola dan meraih kepopuleran melalui
sosial media yang dimilikinya. Dia memiliki kecakapan dan juga kekuatan dalam
mengarahkan dan juga membuat penggemarnya menjadi begitu memperhatikan semua
hal tentang dirinya, tentunya dengan berbagai cara yang elegan dan santun. Hal
inilah yang menjadi salah satu daya tarik dan juga kemampuan luar biasa yang
bisa diandalkannya dalam meraih kesuksesan di dalam lini bisnisnya tersebut.
Dengan mengandalkan beberapa
sosial media miliknya, Taylor Swift bisa menjalankan berbagai agenda bisnisnya
dengan maksimal, seperti: meng-update jadwal tour, menjual tiket secara online,
menunjukkan berbagai kegiatan yang dilakukannya, atau bahkan sekedar
berinteraksi dengan para penggemarnya. Tentu saja tidak semua orang mampu
melakukan hal ini, bukan?
Tidak semua sosial media cocok
untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda, itulah poin yang penting untuk
diketahui sejak awal. Ketahui dengan tepat sosial media mana yang paling sesuai
untuk Anda jadikan sebagai media pemasaran bisnis Anda, sehingga kegiatan tersebut
bisa menghasilkan kesuksesan bagi Anda secara maksimal.
6. Undang Pelanggan ke
Lingkaran Bisnis Anda
Ketika akan mengeluarkan
sebuah produk, maka Anda harus melakukan berbagai pendekatan maksimal kepada
para pelanggan Anda. Termasuk dengan cara mengundang dan mendatangi mereka
dalam kegiatan promosi yang berbeda. Hal seperti inilah yang dilakukan oleh
seorang Taylor Swift, di mana beberapa waktu yang lalu dia bermitra dengan
American Express untuk membuat sebuah aplikasi dengan konten yang berisi adegan
di balik layar video klip terbarunya. Hal ini akan membuat penggemar menjadi
lebih tahu mengenai pembuatan klip tersebut, tentunya dengan jumlah porsi yang
telah diatur sedemikian rupa.
Hal senada juga bisa Anda
jalankan di dalam bisnis, di mana Anda memberi peluang bagi para pelanggan
untuk mengetahui dan masuk ke dalam lingkaran bisnis yang Anda jalankan. Dengan
begitu, maka mereka akan lebih loyal dan mengetahui dengan lebih dekat tentang
bisnis tersebut, sehingga angka penjualan Anda ke depannya akan semakin
meningkat.
7. Berikan Reward pada
Pelanggan Setia
Taylor Swift sangat menghargai
para penggemar setianya, itulah mangapa penting baginya untuk selalu
memperhatikan dan memberikan reward kepada mereka. Secara mengejutkan dia akan
mengirimkan beberapa hadiah yang berkesan dan berbeda kepada para fans setianya
tersebut, di mana hal ini tentu menjadi sebuah kejutan dan pemberian yang tak
terlupakan bagi mereka yang menerimanya.
Hal yang sama juga bisa Anda
lakukan kepada para pelanggan setia Anda, di mana Anda meluangkan sedikit waktu
dan juga sejumlah kejutan bagi mereka yang selalu loyal pada produk yang Anda
hasilkan. Hal ini bisa Anda tunjukkan dalam beberapa bentuk, seperti:
memberikan sejumlah diskon eksklusif, mengirimkan sejumlah voucher pembelian,
atau bahkan memberikan produk gratis kepada para pelanggan tersebut.
8. Layanan Pelanggan yang Luar
Biasa
Memberikan sejumlah waktu yang
terbilang singkat, terkadang bisa memberikan dampak positif yang sangat besar
bagi orang lain yang menerimanya. Hal seperti ini sangat disadari oleh seorang
Taylor Swift, di mana dia tidak akan sungkan-sungkan untuk sejenak meluangkan
waktunya untuk sekedar menuliskan kartu ucapan terima kasih atau yang lainnya.
Ini mungkin hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, namun bagi yang
menerima kartu tersebut hal ini akan sangat berarti dan bahkan menjadi salah
satu kenangan terindah di dalam hidup mereka nantinya.
Lakukan hal yang sama kepada
para pelanggan Anda, luangkan sejenak waktu Anda untuk sekedar menuliskan ucapan
terima kasih kepada mereka. Hal ini bahkan tidak akan menghabiskan sepuluh
menit dari waktu yang Anda miliki, bukan?
9. Keluar dari Aturan
Sesekali Anda harus memiliki
keberanian untuk melangkah di luar jalur, sebab hal ini akan sangat membuat
Anda berbeda dengan yang lainnya. Taylor Swift melakukan hal tersebut di dalam
bisnisnya, di mana dia terjun langsung dan menangani lini-lini bisnisnya secara
serius, sehingga berkembang dan menjadi sebesar sekarang. Jangan menunda untuk
melakukannya secara langsung dan penuh, terutama jika ternyata Anda memiliki
kemampuan untuk hal tersebut.
Ketahui Kemampuan Anda Sejak
Awal
Dalam , Anda tentu akan
dituntut untuk memiliki sejumlah kemampuan di bidang tersebut. Penting bagi
Anda untuk mengetahui kemampuan ini sejak awal, agar Anda bisa menjalankan
bisnis tersebut secara maksimal. Belajar dari cara Taylor Swift dalam membangun
bisnisnya, maka Anda kemungkinan bisa menerapkan dan meraih kesuksesan yang
sama dengan artis muda tersebut di masa yang akan datang.
http://u.msn.com