Mengapa acara TV SHOW rela
mambayar penonton bayaran? Bukanya seharusnya penonton yang harus bayar?
Mengapa banyak toko atau mini
market seperti alfamart dan indomart menyediakan tempat parkir yang cukup luas
dan Gratis Parkir?
Mengapa banyak toko prodak
seperti toko Handphone yang memajang kardusnya padahal kosong isinya?
Mengapa banyak rumah makan
atau caffe menyediakan Free Wifi dan tempat duduk yang menyender di depan
tokonya seperti toko circle-k ?
Kenapa banyak perusahaan
elektronik sengaja membuat konsumennya mengantri di tokonya seperti perusahaan
apple?
Jawabanya adalah “Keramaian
mengundang keramaian” atau konsumen atau pengunjung CENDERUNG memilih tempat
yang ramai ketimbang yang sepi. Atau istilah kerennya sosial Approve, orang
cenderung ikut-ikutan
Trik ini sederhana tapi sering
dilupakan dan diremehkan oleh pelaku UKM padahal ampuh dan dipakai
perusahaan-perusahaan besar.
Jadi jika anda pelaku usaha
terutama offline sebaiknya jangan pikirkan untung dulu tapi bagaimana caranya
ramai dulu.
Ada beberapa tips
- Bikin Parkir gratis
- Bikin tempat makan yang depannya parkiran ramai
- Beri tempat duduk senderan di depan toko agar orang mau betah disitu
- Kasih tulisan di depan toko prodak-prodak yang laris dan keterdesakan sebentar lagi habis
- Cari mitra yang dagangannya laris trus beri tempat gratis di depan toko anda
- Gratis teh manis
- Bebas nambah nasi
Tujuan adalah terlihat ramai,
Keterlihatan adalah branding. Setelah ramai anda tinggal kombinasikan agar bisa
untung, misal bebas nambah nasi tapi minum harus beli aquanya, tempat duduk di
depan dikasih sandaran agar betah tapi tempat duduk di dalam jangan kasih
sandaran agar pengunjung cepat pergi dan berganti.
Intinya, ada yang
dijadikan umpan dan ada yang dijadikan sebagai kail atau sumber keuangan.
Sederhanakan? Tapi kita
sendirilah yang membuatnya ribet.
Keramaian adalah urutan ketiga
mengapa orang mau membeli prodak atau memilih tempat kita.
Menurut buku Buka Langsung
Laris Jaya Setiabudi setidaknya ada 4 alasan utama mengapa orang mau
membeli prodak atau memilih tempat kita.
1. Langganan
Mereka sudah mencobanya dan
puas makanya mereka menjadi langganan
2. Direkomendasikan orang lain
Kita biasanya langsung percaya
kalau yang teman, saudara atau orang terdekat kita yang bilang, "tempat
makan disana enak"
3. Keramaian
Tak heran banyak supermarket
bikin acara musik agar terlihat ramai
4. Kenal
Saat kita pusing mau cari
tempat makan, biasanya kita pilih yang sudah dikenal contohnya saat di terminal
pilihan gampangnya pilih baso.
Jadi pastikan teman-teman
sudah paham hal tersebut agar prodak atau tempat usaha anda laris.
Sumber http://www.bayuwin.com/