Salah satu langkah awal
dalam perencanaan bisnis adalah menentukan target pasar dan mengapa mereka
ingin membeli dari Anda.
Sebagai contoh, apakah pasar
yang dituju adalah yang terbaik untuk
produk atau jasa Anda? Apakah keuntungan yang dijanjikannya jelas dan selaras
dengan kebutuhan pelanggan? Jika Anda tidak yakin tentang jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan ini, tinjau kembali rencana bisnis Anda.
Tips berikut dapat membantu Anda memperjelas bisnis apa yang layak Anda tawarkan, identifikasi lah target pasar yang tepat dan ciptakan ceruk Anda sendiri.
Harus jelas apa yang Anda
akan tawarkan
Tanyakan kepada diri sendiri: diluar dari jenis produk atau layanannya, apa sih sebenarnya yang Anda jual? Pertimbangkan contoh ini: kota Anda mungkin memiliki beberapa restoran, semua menjual satu jenis produk makanan. Tetapi masing-masing ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda atau pembeli yang berbeda.
Salah satu contoh misalnya ada drive-thru restoran cepat saji, dan yang lain menjual pizza, dan mungkin juga ada lagi sebuah restoran seafood lainnya bertarif kaki lima. Semua restoran ini menjual makanan, tapi mereka menjualnya kepada pelanggan yang tertarget dengan kualitas yang unik yang ditawarkan oleh masing-masing. Mereka menjual dengan menkombinasikan produk, nilai, suasana dan merek.
Ketika memulai sebuah
bisnis, pastikan untuk memahami apa yang membuat bisnis anda unik. Kebutuhan
apa yang bisa dipenuhi oleh produk atau jasa Anda? Apa Manfaat dan perbedaannya
yang akan membantu bisnis Anda menjadi berbeda dari yang lain.
Jangan mencoba menjadi tahu
semua bidang-belajar membuat strategi
Sangat penting untuk secara jelas mendefinisikan apa yang Anda jual. Anda tentunya tidak ingin tahu semua hal namun Anda tidak ahli dalam satu bidang tertentu, karena hal ini dapat berdampak negatif pada pertumbuhan bisnis. Sebagai bisnis kecil, sebaiknya memiliki strategi yang lebih baik untuk membagi produk atau jasa Anda kedalam ceruk pasar yang benar-benar terkelola dengan baik. Bergeraklah di bidang yang lebih kecil dan tawarkan barang dan jasa yang menarik bagi kelompok tertentu calon pembeli yang prospektif..
Menciptakan ceruk bisnis adalah penting untuk keberhasilan. Seringkali, pemilik bisnis dapat mengidentifikasi ceruk pasar berdasarkan pengetahuan mereka sendiri, tetapi survei pasar dengan pelanggan potensial juga dapat membantu untuk mengungkap kebutuhan yang belum terepksloitasi. Selama proses penelitian Anda, identifikasilah hal-hal berikut:
1. Daerah-daerah mana pesaing
Anda sudah kuasai dan mapan
2. Daerah-daerah mana yang
diabaikan oleh pesaing Anda
3. Potensi peluang untuk
bisnis Anda
http://www.sba.gov via bisnis33.com