Olahan ayam dapat disajikan dalam berbagai rasa dan
bentuk. Rasanya yang lezat membuat olahan ayam dapat diterima oleh hampir semua
kalangan. Tak hanya dagingnya saja, ceker ayam pun dapat diolah menjadi sajian
lezat. Hal inilah yang kemudian mengilhami Muhammad Arbi (25), alumni Fakultas
Ekonomi UI untuk membuat usaha camilan olahan ayam dengan merek dagang Finger
Chicks.
Alih-alih menawarkan menu yang sama dengan produk olahan
ayam lainnya, Finger Chicks justru menawarkan bagian ceker ayam sebagai menu
utama. “Ceker itu punya penggemar khusus yang tidak sedikit,” ungkap Arbi
ketika menjelaskan alasannya memilih ceker ayam sebagai fokus bisnisnya.
Finger Chicks menawarkan menu-menu ceker ayam yang
renyah, sekaligus empuk di bagian dalamnya. Saat ini menu Finger Chicks
tersedia dalam tujuh rasa, yaitu original, pedas, barbeque, keju, lada hitam,
rumput laut dan jagung bakar.
Pembeli yang datang akan mendapatkan sajian ceker yang
panas setelah digoreng. Selain yang siap santap, Arbi juga menjual ceker ayam
versi beku yang bisa digoreng di rumah. Kemasan beku ini lebih praktis karena
bisa bertahan hingga dua minggu jika disimpan di lemari pendingin.
Selain menu yang berfokus kepada ceker ayam, keunggulan
lain dari usaha waralaba ini adalah konsep bisnisnya. “Konsep bisnis kami
mempunyai tiga value, yaitu attractive, friendly dan reachable,”
ungkapnya saat diwawancarai pada acara Wirausaha Muda Bank Mandiri pada Kamis
(12/03/15) di JCC Plenary Hall.
Ketiga konsep ini diaplikasikan Arbi dalam berbagai
aspek Finger Chicks. Ia membuat packaging dan media-media promosi
Finger Chicks selalu terkesan menarik dan mudah dimengerti oleh konsumen. Arbi
juga berfokus agar Finger Chicks dapat mudah dijangkau oleh semua orang, baik
dari segi harga maupun lokasi penjualan.
Sampai saat ini usaha Finger Chicks Arbi sudah berjalan
selama dua tahun dan sudah berhasil membuat tujuh gerai yang tersebar di
sejumlah sekolah dan kampus di Jakarta. Lebih lanjut Arbi mengatakan, ia
berencana membuka gerai-gerai baru dan mempromosikan merek Finger Chicks ke
target pasar yang lebih luas. Salah satunya dengan aktif dalam berbagai acara
kuliner.
Sumber: www.ui.ac.id